Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengukur Berat Badan Ideal Untuk Parameter Kesehatan

Tidak semua orang memilki berat badan yang ideal, namun tidak sedikit juga dari kita yang menginginkan berat badan ideal. Hal ini bukan dikarenakan kita tidak mencintai badan sendiri, akan tetapi dengan memiliki berat badan ideal merupakan salah satu acuan menjadikan kondisi tubuh kita agar lebih sehat. 

Selain itu, berat badan yang berlebih atau yang sering disebut "obesitas" berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Obesitas bisa menjadi awal dari banyak penyakit seperti jantung koroner, dibetes, ostheoartritis, kanker, stroke dan masih banyak lagi. 

Berat badan yang terlalu ringan juga memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh. Sehingga, kita tidak dianjurkan untuk mengikuti standar kecantikan secara superfisial yang kebanyakan tidak sesuai dengan standar berat badan ideal. Dengan memiliki berat badan yang ideal kita sudah mewujudkan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Karena jika tubuh kita sehat, maka kita dapat melakukan aktivitas dan produktivitas secara maksimal. 

Untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal atau tidak, dapat dilakukan dengan cara menghitung. Ada beberapa rumus yang dapat dijadikan acuan, diantaranya adalah :


1. Rumus Broca 

Salah satu rumus yang dapat digunakan adalah "Rumus Broca". Rumus Broca merupakan rumus yang digagas oleh Paul Broca. Dikarenakan komposisi tubuh yang dimiliki pria dan wanita berbeda, sehingga dalam rumus ini cara perhitungan antara keduanya juga berbeda.  Meskipun terdapat perbedaan cara menghitung antara pria dan wanita, namun rumus ini tergolong mudah. Mari kita perhatikan rumus dibawah ini : 


• Pria 

Berat badan ideal (Kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [{tinggi badan (cm) - 100} x 10%] 


• Wanita 

Berat badan ideal (Kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [{tinggi badan (cm) - 100} x 15%] 

Contohnya ; 

• Pria 

Seorang pria memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan idealnya adalah : 

[170 - 100] - [{170 - 100} x 10%] = 70 - 7 = 63 Kg. 

Berat badan ideal pria dengan tinggi 170 cm adalah 63 Kg 


• Wanita 

Seorang wanita memiliki tinggi badan 158 cm, maka berat badan idealnya adalah : 

[158 - 100] - [{158 - 100} x 15%] = 58 - 8,7 = 49,3 Kg. 

Berat badan ideal wanita dengan tinggi 158 cm adalah 49,3 Kg


2. Kalkulator BMI (Body Mass Index) 

BMI merupakan penentuan berat badan ideal dengan cara perhitungan berdasarkan tinggi badan dan berat badan. Cara perhitungan ini berbeda dengan cara sebelumnya, karena dalam BMI tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin tetapi usia. Akan tetapi tidak semua jenis usia bisa menggunakan kalkulator BMI. Jenis usia yang bisa menggunakan cara ini adalah usia 20 tahun keatas. Jika berusia kurang dari 20 tahun, dianjurkan untuk menggunakan cara yang lain. 

Tujuan dari penggunaan kalkulator BMI adalah untuk mengetahui apakah kita termasuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Namun, bagi atlet ataupun olahragawan cara ini dapat menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini dikarenakan massa otot termasuk juga dalam berat badan, sehingga bagi atlet yang dinyatakan memiliki berat badan lebih tidak menutup kemungkinan bahwa sebenarnya adalah tidak. 

Oleh karena itu, sebelum menghitung menggunakan kalkulator BMI sangat dianjurkan bagi kita untuk memahami hal-hal berikut : 

  • Dikatakan normal jika angka BMI berkisar 18,5 - 25 
  • Dikatakan berat badan berlebih, jika angka BMI lebih dari 25 
  • Dikatakan berat badan kurang, jika angka BMI kurang dari 18,5 
  • Angka BMI yang melebihi 40 menunjukkan tanda bahaya, sehingga diharapkan untuk segera dilakukan penanganan secara tepat. 

Berikut rumus menghitung menggunakan kalkulator BMI :

BMI = Berat badan (Kg) : Tinggi badan (m)2 

Contohnya;

Jika kita memiliki berat badan 47 Kg dengan tinggi badan 163 cm, maka angka BMI kita adalah : 

BMI = 47 Kg : (1,63)2 = 47 : 2.6569 = 17,68. 

Dari hasil BMI menunjukkan bahwa berat badan kita termasuk di bawah kisaran atau dalam kategori berat badan kurang. 

Dengan rutin memantau kesehatan tubuh ya, kita akan lebih memahami kebutuhan tubuh.

Sekian artikelnya, Semoga bermanfaat dan jadilah bermanfaat dengan membagikan artikel ini..

Post a Comment for "Mengukur Berat Badan Ideal Untuk Parameter Kesehatan"