Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pencegahan Diabetes

 Diabetes diartikan sebagai penyakit yang ditandai dengan tingginya nilai kadar gula dalam aliran darah, ini disebabkan gagalnya metabolisme tubuh yang seharusnya memanfaatkan glukosa untuk dijadikan nutrisi untuk sel tubuh.


diabetes sendiri memiliki 2 tipe, Masing masing tipe diabetes mempunyai faktor penyebab tersendiri. Ringkasnya diabetes tipe 1 faktor penyebabnya bisa dari karena imunitas yang dilemahkan bakteri atau virus, bisa juga dari riwayat penyakit keluarga dan masih banyak lagi. Diabetes tipe 2 bisa disebabkan karena kondisi tubuh sendiri, hormon insulin yang kurang sensitif.

Tipe 2 ini kerap hubungan dengat berat badan, usia >45 tahun. Pencegahannya juga tidak bisa dikatakan mudah tapi juga tidak sulit jika berniat mengubah pola hidup agar lebih sehat.

Ada berbagai macam cara untuk menstabilkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, salah satunya yakni dengan menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak diperlukan target untuk menurunkan berat badan secara drastis. Para ahli penyakit dalam memaparkan "Dari penelitian yang dilakukan, kami menemukan bahwa jika penderita diabetes bisa menurunkan berat badan sekitar 7% maka sensitivitas insulin akan meningkatkan sebesar 57%".

Dengan tercapainya keseimbangan yang tepat antara karbohidrat, lemak, dan protein merupakan kunci utama dari diet sehat bagi penderita diabetes.

Beberapa ahli menyatakan bahwa "Cara yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat". Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan penyebab pelepasan insulin dari pankreas. Untuk memilih jenis karbohidrat, pilihan yang tepat adalah karbohidrat yang tidak merangsang melonjaknya kadar gula darah dan dianjurkan untuk memilih sayuran yang kaya akan serat. 

Everyday Health mengungkapkan ada beberapa cara yang tepat untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes, diantaranya sebagai berikut:


1. Kurangi berat badan

Dengan melakukan diet yang sehat. Untuk menurunkan berat badan tidak perlu melakukan diet ekstrem, diet ekstrem justru kurang bagus bagi tubuh.

Lakukan diet secara bertahap, diet bertahap tidak akan membuat tubuh mengalami penurunan asupan yang terlalu mendadak. Dengan diet bertahap juga kita bisa melatih diri untuk membiasakan tidak makan berlebih secara bertahap. Sudahkah berat badan anda dalam rentang ideal atau tidak, yuk lebih tahu "cara-menghitung-berat-badan-ideal".


2. Lakukan aktivitas yang melibatkan pergerakan fisik

Selain melakuka diet, olahraga atau aktivitas fisik juga penting untuk menurunkan berat badan. Seperti yang kita tahu obesitas adalah penyebab yang memegang prosentase besar terjadinya diabetes, dengan kita melakukan aktivitas fisik tubuh akan menggunakan kalori dan lemak untuk dijadikan suplai energi sehingga tubuh akan perlahan mengalami penurunan berat badan.

dari WHO juga menyarankan usia dewasa agar melakukan olahraga kurang lebih 150 menit/minggu. 


3. Keteraturan jadwal makan sangat bagus untuk kesehatan

Hal ini akan membuat tubuh teratur menggunakan hormon tubuh terutama insulin yang bertugas menekan kadar gula dalam darah.

Sangat dianjurkan juga untuk sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas untuk pemenuhan kebutuhan energi aktivitas. Sarapan yang baik harus mencakup serat, karbohidrat, buah, biji-bijian, susu rendah lemak. 


4. Kurangi kalori

Kalori dan lemak yang terlalu banyak dikonsumsi akan menjadi peningkatan kadar gula tubuh. Kunci menurunkan berat badan yang menjadi sebab diabetes adalah dengan mengurangi kalori. Konsumsi sedikit kalori dan perbanyak aktivitas. Anda juga perlu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan kebutuhan kalori anda. 

Baca juga: Cara menghitung berat badan ideal untuk

5. Konsumsi serat

untuk mencegah rasa lapar selain kita perlu konsumsi serat, sesuai dengan point ke-4 yang menganjurkan mengurangi kalori dipoint ini kita dianjurkan untuk perbanyak serat.

Serat mampu memberika efek positif pada tubuh seperti mengontrol kadar gula dalam darah, membuat kita merasa kenyang lebih lama, mempermudah BAB, dll.

Jika kadar gula dalam darah anda sudah diatas normal anda perlu menjalankan diet khusus penderita diabetes, memahami kondisi tubuh sangat penting, jika ada keluhan yang dirasa segera ke pelayanan kesehatan terdekat. 


Semoga bermanfaat dan jadilah manfaat dengan membagikan artikel ini..

Post a Comment for "Tips Pencegahan Diabetes"